Beberapa Manfaat Serai Wangi


Selama ini serai wangi dikenal sangat ampuh menyedapkan masakan. Bukan untuk dimakan, tanaman ini biasanya hanya direbus bersama masakan sehingga memberikan aroma wangi dan sedap. Meski demikia, belakangan tanaman ini cukup banyak dibeli oleh agen karena menghasilkan minyak atsiri yang memiliki banyak sekali khasiat, antara lain:
  • Pengusir Serangga Alami. Serai wangi mengandung bahan dan bau yang tidak disukai nyamuk. Dengan mengoleskannya ke kulit, sari-sari di dalamnya akan melindungi kulit dari gigitan nyamuk, termasuk Aedes Aegypti yang menyebabkan demam berdarah. Beberapa orang juga memajang tanaman tersebut di dalam rumah untuk menghindari datangnya nyamuk.
  • Mengatasi Berbagai Masalah Pencernaan. Siapa sangka bahwa kandungan dalam serai wangi ternyata berkhasiat untuk membunuh bibit penyakit, kuman, dan mikroorganisme merugikan. Dengan mengonsumsi saripati serai wangi secara teratur, kuman dan penyebab penyakit dalam usus akan mati sehingga pencernaan akan lebih sehat.
  • Meredakan Nyeri. Campuran serai wangi dan minyak kelapa juga berkhasiat untuk membantu meredakan rasa nyeri.
  • Anti Inflamasi. Radang adalah gangguan yang sangat menghambat kinerja dan kenyamanan. Jika Moms mengalami radang akibat minuman beralkohol atau makanan pedas, maka mengonsumsi serai bisa mengatasi masalah ini.
Beberapa Manfaat Serai Wangi
  • Membunuh Kuman dalam Makanan. Sebagaimana diketahui, serai wangi berkhasiat mematikan kuman dan patogen. Dengan demikian, makanan yang mengandung tanaman ini akan lebih sehat karena bibit penyakit sudah dilemahkan.
  • Melancarkan Aliran Darah. Gangguan pada aliran darah akan menyebabkan berbagai macam penyakit mulai dari otot kaku, gangguan pengiriman nutrisi makanan, masalah pernapasan, dan lain-lain. Namun sari serai wangi bisa mengatasi itu semua dan membuat tubuh terasa segar.
  • Membantu proses penyembuhan luka. Menggunakan serai wangi pada luka ternyata juga bisa membantu penyembuhan sehingga luka bisa cepat kering dan pulih seperti sedia kala. Pasalnya, serai wangi punya kandungan antiseptik yang bisa membunuh kuman dengan cepat.
  • Anti Depresan. Stress dan masalah kejiwaan adalah hal yang banyak ditemukan pada masyarakat modern. Namun zat daam serai bisa membantu kinerja otak sehingga mengurangi produksi hormon penyebab stress. Dengan demikian, pikiran akan lebih rileks dan tenang.

Prospek Serai Wangi di Indonesia


Serai wangi sendiri sudah menjadi komoditas yang sangat menguntungkan, karena mudah ditanam dan diolah sehingga menghasilkan minyak atsiri. Di Indonesia, ada beberapa lokasi yang penduduknya menggantungkan hidup sebagai petani serai, dan beberapa yang terkenal adalah serai wangi Pasaman dan serai wangi Solok. Jika dibeli langsung dari petaninya, serai wangi harganya berkisar Rp1000 setiap kilonya.
Prospek Serai Wangi di Indonesia
source: http://ranahriau.com/foto_berita/45lp.jpg
Petani serai sendiri biasanya sudah memiliki langganan agen yang secara kontinyu membeli minyak atsiri untuk diolah menjadi obat-obatan maupun kosmetik. Dalam kondisi normal, biasanya petani serai wangi bisa mendapatkan penghasilan hingga Rp30juta untuk setiap hektar tanaman yang dipanen.