Bawang Hitam Tunggal, Si Hitam Kaya Manfaat yang Ampuh Atasi Berbagai Penyakit

Bawang hitam tunggal atau black garlic menjadi salah satu solusi herbal yang telah terbukti mampu atasi berbagai macam keluhan penyakit. Bermula di Korea, tren penyembuhan dengan bawang hitam tunggal menjadi cara yang booming di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Sebenarnya kandungan bawang hitam tunggal sama seperti kandungan bawang putih, yaitu antioksidan, protein, allicin, sulphide, saltivine, selenium, vitamin A, B1, B6 dan vitamin C. Namun sebab pemrosesan, kandungan bawang hitam tunggal pun berubah dan meningkat secara signifikan dari kandungan asalnya sebelum pemrosesan.

Moms tentu penasaran, apa saja ya manfaat bawang hitam tunggal untuk kesehatan? Mari simak ulasannya di bawah ini, Moms.

Bawang Hitam Tunggal, Si Hitam Kaya Manfaat yang Ampuh Atasi Berbagai Penyakit

Untuk Asam Urat
Manfaat bawang hitam untuk asam urat didapat dari kandungan vitamin B1, B6, C, dan selenium yang membantu fungsi ginjal menghancurkan zat purin berlebih penyebab asam urat tinggi. Selain itu, dengan fungsi anti-inflamasi yang dimilikinya, bawang hitam dapat meredakan keluhan asam urat seperti nyeri dan pembengkakan pada sendi.

Menurunkan Kadar Kolesterol
Konsumsi 1 buah bawang hitam tunggal setiap pagi dalam perut kosong akan bantu turunkan kadar trigliserida dalam darah dan menghancurkan lemak jahat dalam darah.

Pencegah Kanker
Telah lama dikenal memiliki khasiat pencegah kanker, fungsi antioksidan bawang putih tunggal yang telah diproses menjadi bawang hitam semakin meningkat kekuatannya. Selain bekerja langsung menghancurkan bibit-bibit sel kanker, terapi bawang hitam tunggal juga membantu melindungi sel-sel sehat dalam tubuh.

Sebagai Suplemen Diet
Manfaat bawang hitam untuk diet didapat dari fungsi protein, vitamin A, B1, B6 dan vitamin C-nya yang tinggi. Mengonsumsi bawang hitam tunggal setiap pagi dalam keadaan perut kosong akan bantu pemenuhan nutrisi serta pembakaran kalori Moms sepanjang hari sehingga diet akan berjalan lebih efektif.

Meningkatkan Kesehatan Reproduksi dan Vitalitas Seksual
Telah dikenal luas bahwa bawang putih tunggal atau bawang lanang memiliki manfaat untuk kesehatan reproduksi dan vitalitas seksual pria dan wanita. Begitu juga dengan bawang hitam tunggal, kandungan protein dan berbagai macam vitamin serta nutrisi penting di dalamnya juga memiliki manfaat penting untuk Moms dan Dads dalam urusan kesehatan reproduksi serta kehangatan ranjang. 

Bawang Hitam Tunggal, Si Hitam Kaya Manfaat yang Ampuh Atasi Berbagai Penyakit

Nah, itulah beragam kandungan dan manfaat bawang hitam tunggal yang sangat baik untuk kesehatan. Bagaimana Moms, tertarik mencobanya?