Jenis Sayur yang Dihindari Penderita Maag

Asam Lambung Meningkat? Coba Redakan dengan Sayur Bayam, Moms

Penyakit maag/asam lambung adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati akibat naiknya asam lambung. Penyebab penyakit asam lambung terkait dengan faktor keturunan, stres, konsumsi obat-obat tertentu, gastroparesis, atau konsumsi makanan yang mengandung banyak gas dan lemak.

Bukan hanya menghindari junkfood ya Moms tapi juga beberapa jenis sayuran. Karena beberapa sayur mampu memicu asam lambung naik. Jenis sayur yang dilarang untuk penderita maag yaitu nangka muda, sawi, kol, asparagus, brokoli, lobak, jamur, tomat dan kentang.

Sayur-sayuran tersebut mampu meningkatkan asam lambung pada penderita maag karena memeliki kandungan gas yang tinggi. Rempah seperti cabai, paprika, bawang putih juga harus dihindari karena menyebabkan rasa panas karena pedas pada lambung.

Sayur Bayam untuk Asam Lambung

Asam Lambung Meningkat? Coba Redakan dengan Sayur Bayam, Moms

Jika penderita maag harus menghindari beberapa jenis sayur karena mengandung gas. Namun sebaliknya, sayur bayam harus banyak dikonsumsi oleh penderita maag. Tapi amankah sayur bayam untuk penderita asam lambung? Sayur bayam untuk asam lambung tentu aman Moms, karena selain tidak mengandung gas, sayur bayam juga kaya akan sumber vitamin A dan K, mangan, magnesium, folat, serat, protein, kalsium dan sebagainya.

Selain itu, bayam juga mengandung mineral penting untuk kesehatan lambung, seperti selenium dan zinc. Zinc mampu menghambat sekresi asam lambung sehingga gejala asam lambung bisa dicegah. Selenium sendiri bertugas melindungi kerongkongan.

Terlebih lagi, bayam berserat tinggi sehingga baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Dan bila pencernaan lancar, maka asam lambung akan lebih mudah untuk dikendalikan dan terhindar dari refluks asam lambung deh. Jadi Moms mengkonsumsi bayam saat tepat untuk penderita asam lambung.

baca juga

Cara Memasak Sayur Bayam untuk Penderita Asam Lambung

Asam Lambung Meningkat? Coba Redakan dengan Sayur Bayam, Moms

Cara memasak sayur bayam untuk penderita asam lambung agak sedikit berbeda dengan masakan bayam pada umumnya. Memasak bayam untuk asam lambung sebaiknya tidak dicampur dengan bahan bahan lain, cukup di jadikan sayur bening maupun tumisan.

Untuk sayur bening cara membuatnya cukup simpel. Cuci bayam, bawang putih dan merah. Lalu rajang bawang putih dan merah, tumis tambahkan sedikit minyak lalu masukan air. Masukan bayam masak selama 3 menit lalu matikan kompor. Sayur bening bayam siap di sajikan.

Sedangkan untuk tumisan cukup dengan menumis bawang putih dengan sedikit minyak goreng. Lalu masukan bayam masak hingga benar-benar lunak. Sayur bayam siap di sajikan. Simple dan mudah kan Moms. Memasak bayam memng tidak dianjurkan terlalu lama karena akan merusak kandungan gizinya.

Bila sudah memiliki riwayat asam lambung naik sebaiknya Moms harus benar-benar mengantur pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Agar asam lambung bisa dicegah. Sebab mencegah lebih baik dari mengobati, ya kan Moms?