Namun, olahraga semasa kehamilan juga tidak boleh sembarangan, khususnya saat kehamilan masih berada di usia muda. Yuk, simak ketentuan senam hamil muda yang wajib Mommy pahami agar kandungan tetap sehat berikut ini.
​​​​​​​
Senam Ibu Hamil Muda

Usia Kandungan Berapa Sih Mommy Boleh Mulai Senam Hamil Muda?
source: https://www.organicfacts.net/


Kehamilan di usia muda cenderung lebih rentan dan lemah. Itulah sebabnya, olahraga dan aktivitas fisik yang berat sebaiknya dihindari selama masa kehamilan muda. Apalagi jika Mommy mengalami gejala morning sick yang parah disertai dengan hilangnya nafsu makan, Mommy lebih dianjurkan untuk benar-benar memperbanyak istirahat. Namun, bukan berarti Mommy tidak boleh melakukan aktivitas fisik. Jika kondisi memadai, Mommy boleh sedikit berjalan kaki untuk memperlancar aliran darah.
 


Senam Hamil Trimester 1
 

Usia Kandungan Berapa Sih Mommy Boleh Mulai Senam Hamil Muda?
source: https://www.health.harvard.edu/


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pada kehamilan di trimester 1, Mommy akan lebih dianjurkan untuk memperbanyak istirahat dan memberikan asupan makanan bergizi dan sehat untuk tumbuh kembang calon janin. Latihan fisik relatif kurang dianjurkan, apalagi jika Mommy memiliki keluhan tubuh yang lemah, tekanan darah rendah, serta mual dan muntah. Di usia ini, perbanyaklah latihan pernafasan dan relaksasi untuk memperlancar metabolisme tubuh.
 

baca juga


Senam Hamil Trimester 2
 

Usia Kandungan Berapa Sih Mommy Boleh Mulai Senam Hamil Muda?
source: https://www.irishmirror.ie/


Memasuki trimester kedua, kandungan biasanya sudah semakin kuat. Itulah sebabnya beberapa aktivitas fisik sudah bisa dilakukan di periode kehamilan ini. Di kehamilan usia 4-6 bulan, Mommy dapat mulai melakukan latihan fisik seperti jalan kaki di pagi dan sore hari berkeliling komplek. Meskipun kandungan sudah semakin kuat, untuk mendaftarkan diri pada kelas senam hamil, pastikan untuk melakukan konsultasi pada dokter kandungan Mommy.
 


Senam Hamil Trimester 3
 

Usia Kandungan Berapa Sih Mommy Boleh Mulai Senam Hamil Muda?
source: https://www.momjunction.com/


Senam ibu hamil 6 bulan biasanya sangat direkomendasikan karena di usia ini janin dalam kandungan sudah benar-benar kuat memasuki usia trimester ketiga. Mommy sudah bisa mengikuti kelas-kelas senam hamil secara rutin untuk melatih otot-otot panggul yang dapat membantu melancarkan proses persalinan. Selain itu, banyak pula yang mengatakan bahwa squat dapat mengurangi risiko robeknya vagina. 
 

baca juga


Gerakan Senam Hamil 

Terakhir, untuk Mommy yang ingin mengoptimalkan latihan fisik di masa kehamilan, Mommy dapat mencari video panduan gerakan senam hamil muda hingga gerakan senam hamil menjelang persalinan di YouTube. Dengan begitu, Mommy dapat melakukan senam di rumah dengan panduan video. Mudah dan praktis, bukan?
 


Itulah beberapa hal penting seputar senam hamil bagi para ibu, baik yang sedang hamil muda atau pun hamil tua. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!