Nangkadak

Moms tahu enggak sih kalau ada buah yang namanya nangkadak, bukan nangka lho Moms. Memang seperti yang terlihat di gambar, buah ini memiliki bentuk seperti nangka tetapi memiliki tekstur dan rasa yang berbeda dengan buah nangka yang sering kita jumpai.

Moms, mau tahu lebih banyak tentang buah ini? 

Seputar Buah Nangkadak

Buah nagkadak adalah buah hasil persilangan dari buah nangka dan cempedak. Buah nangkadak cukup tersohor di Kota Banjarmasin dan Kalimantan Selatan. Buah ini hampir bisa dipastikan panen sepanjang tahun. Nangkadak biasa dipanen setelah berumur 2-3 tahun pasca ditanam. Padahal nangka biasa berumur 6 tahun baru berbuah.

Keunggulan lain buah ini adalah rasanya tidak terpengaruh kondisi cuaca. Buah nangkadak yang dipanen pada musim hujan pun tetap manis. Tidak seperti nangka atau varietas cempedak lain, yang rasa manisnya akan berkurang jika dipanen di musim penghujan.

Jika dibandingkan dengan nangka biasa, ukuran buah nangkadak memang lebih kecil. Tapi, dengan jumlah buah lebih banyak dan dapat berbuah sepanjang tahun, buah ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Seperti buah nangka dan cempedak, buah nangkadak bisa langsung dimakan atau juga bisa diolah menjadi berbagai makanan lain seperti dodol, selai, dan bisa di buat olahan kripik bahkan kulitnya pun masih bisa dimakan dengan di olah menjadi mandai Nangkadak.

Seputar Buah Nangkadak
baca juga

Pohon Nangkadak

Pohon nangkadak lebih menyerupai cempedak sebagai induk silangan jantannya. Buah berbentuk bulat telur memanjang. Tanaman yang pendek, kompak dan rimbun serta berumur genjah, tanaman mulai muncul buah pertama pada umur 2 – 3 tahun.

Umumnya, buah nangkadak ini berbentuk kecil dan memiliki buah yang sedikit, tapi pada satu pohon buah nangkadak, bisa berbuah sekitar 30 – 50 buah per pohon. Batang nangkadak berkayu dan mengeluarkan getah.

Daun berwarna hijau tua dengan permukaan daun berambut halus dan bergetah. Bunga nangkadak monoecious (berumah satu) yang berarti bunga jantan dan bunga betina letaknya terpisah namun masih dalam satu pohon sehingga untuk memaksimalkan pembentukan buah masih perlu dilakukan penyerbukan buatan.

Pohon Nangkadak

Tekstur dan Aroma Buah Nangkadak

Tekstur pada daging buah nangkadak lembek sampai renyah dengan rasa manis, bergetah dan “dami” (serabut) yang sangat rapat. Aroma buah nangkadak yang lebih lembut, tidak terlalu kuat seperti cempedak. Daging buah berwarna kuning orange cerah dan tebal. Rasa buah mendekati rasa nangka dengan tekstur daging lembut.

Tekstur daging nangkadak juga lembut tapi tebal, dengan biji yang kecil. Dagingnya juga tidak lengket karena getah yang menempel sangat sedikit. 

Tekstur dan Aroma Buah Nangkadak
baca juga

Harga Buah Nangkadak

Nah Moms, tertarik untuk coba buah nangkadak ini? Tenang saja harga buah ini masih bisa dikatakan terjangkau, lho. Harga buah nagkadak dipasar swalayan mencapai Rp18.000 – Rp20.000/kg, sedangkan ditingkat pasar tradisonal dikisaran harga Rp10.000 sampai Rp 15.000.