Selain penggunaan test pack yang terlalu dini, kesalahan cara pakai juga menjadi penyebab hasil tes tidak akurat. Untuk itu, Moms perlu mengetahui beberapa jenis serta ragam harga test pack, dan cara penggunaannya berikut ini.

Jenis dan Harga Test Pack

1. OneMed hCG Urine Pregnancy Test
Test pack jenis ini memiliki akurasi 99,9%. Tingkat sensitivitasnya 20 mlU dan penggunaannya dianjurkan pada pagi hari. Setelah dicelupkan ke urine selama 30 detik, hasilnya bisa diketahui 1 menit setelahnya. Dua garis menunjukkan hasil yang positif. Harga test pack ini Rp1.000.

2. OneMed Test Hamil Quick & Sure
Produk ini dilengkapi dengan pipet untuk menyedot dan meneteskan urine ke dalam lubang produk. Pipet dapat mengurangi risiko kesalahan yang mungkin terjadi. Dua garis menunjukkan hasil positif, sedangkan satu garis dekat C menunjukkan hasil negatif. Harga OneMed Quick & Sure adalah Rp5.000.

3. Akurat Compact
Test pack jenis ini praktis, karena Moms tidak perlu repot menampung urine terlebih dahulu. Setelah membuka tutupnya, arahkan ujung produk ini ke arah aliran urine. Ketika sudah basah, pasang tutupnya kembali dan tunggu hasilnya dalam satu menit. Harga test pack Akurat Compact Rp16.500.

Ingin Tes Kehamilan? Ketahui Dulu Jenis & Harga Test Pack, Serta Cara Penggunaannya
source: https://peopledotcom.files.wordpress.com/

4. Sensitif Strip
Tingkat keakuratan Sensitif Strip mencapai 99,9% dengan tingkat sensitivitasnya 25 mlU/ml HCG. Penggunaannya cepat dan mudah, serta bisa digunakan tidak hanya di pagi hari. Caranya adalah dengan mencelupkan produk ke wadah urine selama 30 detik, kemudian hasilnya akan muncul minimal 1 menit kemudian. Pembacaan setelah 5 menit tidak disarankan, karena hasilnya bisa menjadi tidak akurat. Harga test pack Sensitif Strip adalah Rp18.000.

5. Sensitif Digital
Test pack Sensitif Digital cocok bagi Moms yang baru pertama kali menggunakan test pack. Hasilnya mudah dibaca dan tidak rancu. Produk ini akan menampilkan tulisan "yes" atau "no", sesuai dengan hasil tes. Selain itu, test pack ini bisa digunakan 5 hari sebelum siklus datang bulan dimulai. Harga test pack digital ini adalah Rp80.000.

Tips dan Cara Menggunakan Test Pack

  • Persiapkan diri sebelum menggunakan test pack, seperti batasi aktivitas fisik atau olahraga. Hindari makanan tertentu, merokok, dan minuman alkohol.
  • Baca petunjuk penggunaan pada kemasan test pack, karena umumnya hampir setiap produk memiliki petunjuk penggunaan yang berbeda.
  • Perhatikan juga petunjuk penyimpanannya.
  • Ikutilah semua petunjuknya, jangan sampai ada yang terlewat.
  • Lakukan tes pada pagi hari, karena urine pertama di pagi hari belum terkontaminasi zat baru yang masuk ke dalam tubuh. Ini akan memberikan hasil tes yang paling akurat. 
  • Jika Moms mengalami gejala atau tanda awal kehamilan, namun hasil test pack masih negatif, Moms dapat melakukan tes ulang beberapa hari setelahnya. 
Ingin Tes Kehamilan? Ketahui Dulu Jenis & Harga Test Pack, Serta Cara Penggunaannya
source: https://media2.s-nbcnews.com/