Lengkuas merupakan salah satu dari rempah tradisional yang sering kita temui di dapur. Di Indonesia, lengkuas dikenal dengan berbagai nama. Mulai dari laos bagi suku Jawa, laja bagi orang Sunda, hingga kelawas bagi masyarakat Karo. Yuk, berkenalan lebih jauh dengan tanaman yang banyak ditemukan tumbuh di wilayah Asia Tenggara ini!

Bumbu Laos

Berkat aromanya yang tajam, laos sering digunakan untuk memperkuat cita rasa masakan. Tak heran, ketenaran lengkuas sebagai rempah penambah napsu makan, meluas hingga ke Eropa. Di beberapa negara Timur Tengah, laos bahkan digunakan sebagai stimulan untuk hewan ternak dan kuda. Di Indonesia sendiri, tak terhitung jumlah menu masakan khas Nusantara yang mengandalkan lengkuas. Mulai dari sayur lodeh, gulai, tumisan, rending, soto, nasi bakar, tongseng, ayam goreng serundeng, dan sebagainya.

Bumbu Laos
baca juga

Karakteristik Lengkuas

Perbedaan yang paling signifikan dari rempah yang satu ini, adalah warnanya yang coklat kekuningan. Tak jarang, terdapat semburat kemerahan di permukaan kulit lengkuas. Selain itu, dibandingkan dengan jahe dan kunyit, tekstur lengkuas jauh lebih kasar serta memiliki alur yang jelas. Kulit lengkuas juga lebih tebal dan mengilat. Namun jika diiris, Moms akan menemukan lapisan daging lengkuas yang berwarna putih dan bertekstur keras.

Karakteristik Lengkuas

Kandungan Laos

Lengkuas kaya akan kandungan nutrisi, seperti zat besi, vitamin A, vitamin C, natrium, flavonoid, fitonutrien, emodin, beta sitosterol, quercetin, galangin, dan lain-lain. Dalam satu ruas lengkuas juga terdapat senyawa aktif diarilheptanoid, asetoksichavikol asetat, serta asetoksieugenol asetat yang bersifat antiradang dan antitumor.

Kandungan Laos
baca juga

Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

Tidak hanya berfungsi sebagai bumbu masakan, lengkuas pun berkhasiat untuk kesehatan. Tanaman rimpang yang kaya serat ini sangat baik untuk pencernaan. Lengkuas juga dipercaya dapat memperlancar peredaran darah, meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi kolesterol, mengobati luka bakar atau gatal, bahkan meredakan mabuk perjalanan. Menariknya, lengkuas juga bisa digunakan untuk kesehatan rambut dan mengatasi kerontokan rambut lho, Moms.

Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

Cara Menyimpan Lengkuas

Cara menyimpan lengkuas terbilang mudah. Letakkan lengkuas di dalam wadah yang kering dan terbuka. Simpanlah wadah tersebut pada suhu ruangan. Sebelum mengupas kulit lengkuas, cuci bersih lengkuas terlebih dahulu. Pastikan tidak ada sisa tanah yang menempel di permukaan kulit lengkuas.

Cara Menyimpan Lengkuas

Untuk mendapatkan hasil terbaik, pilihlah lengkuas yang masih segar dan teksturnya tidak kering. Idealnya, porsi lengkuas yang digunakan pada setiap masakan, adalah sekitar 2-3 ruas jari. Selamat mencoba, Moms!