Kulit Kering Pada Bayi

Kulit kering ternyata tidak hanya terjadi pada orang dewasa. Bayi juga rentan mengalami kulit kering yang disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor tersebut tidak hanya menyrbabkan kulit kering, bahkan bisa menjadi iritasi pada bayi. Karena bayi memiliki kulit yang masih sangat lembut dan tipis menjadikan kulit bayi rentan terhadap reaksi dari luar. 

Kulit Kering Pada Bayi

Kulit kering pada bayi ini memang cukup mengkhawatirkan mommies. Yuk simak lebih lanjut penyebab dan cara mengatasinya agar kulit bayi kembali normal.

Penyebab Kulit Kering pada Bayi

Penyebab kulit kering pada bayi sangatlah beragam. Namun semuanya cenderung dari lingkungan bayi. Berikut beberapa penyebab kulit kering pada bayi:

  • Lingkungan. Kulit kering pada bayi bisa juga disebabkan oleh faktor lingkungan. Seperti udara dingin dan kering atau bahkan akibat sengatan matahari. Kondisi lingkungan yang dingin atau kering dapat mempengaruhi cairan dalam kulit sehingga mengakibatkan kulit kering. Bahkan bisa juga disebabkan oleh pendingin ruangan atau AC.
  • Salah Pilih Sabun. Bagi mommies, hati-hati ketika memilihkan sabun untuk si kecil ya. Karena sabun bisa menjadi penyebab ternjadinya kulit kering jika pemilihannya tidak sesuai dengan keadaan si kecil. Jika memang bayi moms memiliki kulit yang sensitif, maka sebaiknya moms tidak memilih sabun bayi secara bebas, sebaiknya konsultasikan ke dokter.
Penyebab Kulit Kering pada Bayi
  • Masalah kulit. Selain penyebab diatas, penyebab kulit kering pada bayi adalah karena terdapat kelainan. Salah satunya adalah eskim. Eskim adalah terjadinya kulite kering dan mengelupas pada kulit bayi yanh diesbabkan oleh berbagai hal, seperti asma, faktor keturunan, alergi makanan dan sebagainya.
baca juga

Cara Mengatasi Kulit Kering pada Bayi

Melihat kulit kering pada bayi memang cukup membuat panik. Tapi jangan khawatir moms, sebenarnya keadaan kulit kering pada bayi bisa kembali normal dengan beberapa tahap yang perlu sangat diperhatikan. Tentu moms.harus lebih intens agar daoat mengembalikan kembali kondisi kulit bayi agar normal kembali.

Berikut beberapa cara untuk mengatasi kulit kering pada bayi yang perlu dicoba:

Cara Mengatasi Kulit Kering pada Bayi

Waktu Mandi Bayi

Untuk mengatasi kulit kering pada bayi, moms harus memperhatikan waktu mandi bayi. Karena waktu mandi yang cebderung lama mengakibatkan berkurangnya kelembaban pada kulit bayi yang akhirnya akan menjadikan kulit bayi kering. Jadi, mempersingkat waktu mandi bayi menjadi salah satu cara tepat untuk mengatasi kulit kering pada bayi moms.

Waktu Mandi Bayi

Selain itu, moms juga perlu menggunakan air hangat agar kulit bayi tetap lembab. Tentunya memperhatikan sabun yang tepat untuk kulit bayi ya moms.

baca juga

Pelembap Kulit Bayi

Selain membatasi waktu mandi bayi, mommies juga perlu memberikan pelembab yang tepat untuk kulit bayi yang kering. Berikut beberapa tahap pemberian pelembab yang tepat untuk bayi
Keringkan Si Kecil dengan handuk bayi yang bersih dan oleskan pelembap pada kulitnya segera setelah mandi. Gunakan pelembap secukupnya.

Pelembap Kulit Bayi

Moms bisa memilih produk pelembap bayi dengan kandungan moisturizer yang lebih banyak dan lebih efektif, untuk menjaga kelembapan kulit bayi seharian. Moms juga bisa mengoleskan pelembap pada kulit bayi setidaknya dua kali sehari, setelah mandi pagi, siang, atau sore hari, dan juga sebelum tidur.

Untuk menghindari kulit kering akibat paparan klorin pada air kolam renang, pastikan bayi segera mandi setelah berenang dan gunakan pelembap setelah mandi.

Cuci Pakaian Bayi dengan Detergen Khusus

Cara selanjutnya adalah dengan mencuci pakaian bayi dengan detergen yang khusus agar terhindar dari bakteri jahat penyebab iritasi. Apalagi jika kulit bayi moms sensitif, pastikan moms mencuci pakaiannya dengan detergen khusus ya. Seperti sleek baby laundry detergen, atau cusson baby liquid detergen dan sebagainya.

Cuci Pakaian Bayi dengan Detergen Khusus