Daun Salam

5 Tanaman Herbal Untuk Atasi Asam Urat, Tanam Sendiri di Rumah Yuk

Daun dengan nama ilmiah Syzgium polyanthum ini memiliki kandungan flavonoid, alkaloid, tannin, dan minyak astsiri. Tanaman herbal untuk asam urat seperti daun salam dapat digunakan dalam kondisi segar atau yang sudah dikeringkan. Daun salam berguna untuk peluruh kencing (diuretic) dan sebagai obat pereda nyeri (analgetik).

Karena berfungsi sebagai diuretic, daun salam bisa memperbanyak urine keluar dari tubuh sehingga kadar asam urat bisa menurun. Caranya, cukup sediakan 10 lembar daun salam lalu di rebus dengan air 700 cc sampai sisa 200 cc. Minum rebusan daun salam selagi hangat.

Sambiloto

5 Tanaman Herbal Untuk Atasi Asam Urat, Tanam Sendiri di Rumah Yuk

Sambiloto tersebar di berbagai daerah di Indonesia, dan memiliki banyak sebutan seperti kayu mas, papaitan, dan ki pait. Sambiloto yang bersifat diuretik yang bisa mengatasi masalah asam urat. Untuk cara membuat ramuan asam urat dari sambiloto, Moms bisa menyiapkan tanaman sambiloto dan kunyit. Selanjutnya rebus kedua bahan tadi dengan segelas air, tunggu sampai mendidih dinginkan. Minum secara teratur.

baca juga

Kumis Kucing

5 Tanaman Herbal Untuk Atasi Asam Urat, Tanam Sendiri di Rumah Yuk

Tanaman kumis kucing memiliki nama lain seperti java tea atau kidney tea plant, pada tanaman ini terdapat garam kalium yang berkhasiat untuk melarutkan batu ginjal dan sinsetin yang berguna untuk anti bakteri. Sifat diuretik pada kumis kucing bisa membantu mengeluarkan asam urat melalui urin.

Untuk mendapatkan khasiat kumis kucing sebagai obat asam urat, cukup dengan  merebus 5 helai daun kumis kucing di tambah meniran dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Rebusan ini bisa diminum 3 kali sehari.

Temulawak

5 Tanaman Herbal Untuk Atasi Asam Urat, Tanam Sendiri di Rumah Yuk

Temulawak adalah salah satu herbal yang dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Temulawak memiliki kandungan pati, kurkuminoid, dan minyak atsiri sehingga baik untuk antiradang, diuretic, antisembelit dan tonikum yang baik untuk penderita asam urat. Untuk mengkonsumsinya, Moms harus merebus temulawak, bisa ditambahkan gula juga. Ramuan temulawak ini dapat dikonsumsi secara rutin untuk kesehatan sendi.

baca juga

Anting-anting

5 Tanaman Herbal Untuk Atasi Asam Urat, Tanam Sendiri di Rumah Yuk

Tanaman anting-anting banyak tumbuh liar diperkarangan lho. Kebanyakan orang mengiranya gulma. Padahal, anting-anting mengandung flavonoid, tannin, steroid, dan saponin yang dipercaya bisa mengatasi masalah asam urat. Cara menggunakanya sebagai bahan alami yaitu dengan merebus akar anting-anting kering 30 sampai 60 gram dalam air sebanyak 3 gelas hingga tersisa setengah gelas. Saring air rebusan tadi dan minum sebanyak 3 kali sehari.