Jenis Penyakit Kulit Herpes

  1. HSV-1, menyebabkan luka melepuh di sekitar mulut dan wajah yang dapat disebabkan akibat penggunaan lipstik atau lip balm, menggunakan peralatan makan bekas orang lain.
  2. HSV-2, menyerang alat kelamin yang diakibatkan oleh kontak fisik atau berhubungan seksual.
  3. HHV-3, hal ini sama dengan cacar air dimana setiap orang hanya akan mengalami sekali dalam hidupnya.
  4. HHV-4, ditularkan dari air liur atau bisa juga ditularkan melalui virus yang keluar saat batuk dan bersin.
  5. HHV-5, menular melalui kontak seksual, donor darah dan transplantasi organ tubuh yang terbilang berbahaya karena dapat menyebabkan kematian.
  6. HHV-6, menyerang anak kecil yang menyebabkan demam tinggi serta ruam pada kulit.
Jenis Penyakit Kulit Herpes

Herpes Simplex

Herpes simplex atau herpes genital adalah suatu infeksi yang terjadi pada alat kelamin dan menular. Penyakit ini bisa diderita oleh pria dan wanita yang ditularkan melalui hubungan seksual. Ketika seseorang penderita penyakit ini, maka akan muncul luka melepuh berwarna kemerahan dan terasa sakit di area kelamin. Luka yang melepuh akan pecah dan terbuka. Virus dari penyakit satu ini seringkali menetap di tubuh manusia dan suatu saat bisa aktif lagi. Ketika virus ini aktif kembali, gejala-gejala herpes awal akan kembali muncul.

baca juga

Herpes Zoster

Herpes zoster atau disebut dengan cacar ular adalah penyakit yang ditandai dengan munculnya bintil di kulit yang berisi air. Bintil air yang muncul ini akan menyebabkan rasa nyeri pada sisi tubuh dimana bintil ini muncul. Bintil air yang muncul akan terasa nyeri seperti terbakar, kaku, kesemutan, dan akan semakin nyeri apabila tersentuh. Selain bintil air yang muncul, gejala lain yang Moms harus tahu adalah terkena demam, sakit kepala, dan lemas.

Gejala Penyakit Kulit Herpes

Penyakit kulit herpes muncul pada umumnya ditandai dengan adanya kemerahan pada ruam kulit yang disertai dengan rasa nyeri yang sangat intens seperti panas dan terbakar. Ruam yang muncul akan berbentuk seperti lentingan yang berisi cairan yang akan pecah dengan mudahnya. Awalnya si penderita akan merasa gatal yang lama kelamaan berubah menjadi rasa nyeri.

Selain itu, beberapa hal yang dirasakan seseorang sebelum terkena herpes antara lain demam, sakit kepala, kelelahan, ataupun kesemutan. Tidak menutup kemungkinan seseorang akan merasa nyeri ketika terpapar sinar matahari. Hal yang perlu Moms ketahui bahwa penyakit kulit herpes dapat terjadi pada siapa saja yang pernah menderita cacar air. 

Gejala Penyakit Kulit Herpes