Sakit Perut Sebelah Kanan 

Rasa sakit pada perut sebelah kanan sering terjadi pada sebagian orang. Umumnya, sakit perut pada bagian ini terjadi akibat adanya gejala penyakit tertentu seperti radang usus buntu, batu empedu, kolesistitis, hepatitis, kehamilan etopik, dan lain-lain. Untuk mengetahui penyebab sakit perut sebelah kanan lebih lanjut, ada baiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Sakit Perut Sebelah Kanan Saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
source: https://www.rd.com/wp-content/uploads/2016/03/07-stomach-pains-appendicitis.jpg

Sakit Perut Sebelah Kanan Saat Hamil

Saat hamil, terjadi banyak sekali perubahan dalam tubuh Moms. Jadi, mengalami rasa sakit pada bagian perut itu merupakan sesuatu yang normal terjadi. Namun, Moms harus tetap waspada. Bila sakit perut sebelah kanan sering terjadi dan sangat mengganggu, ada baiknya segera hubungi dokter kandungan. Pada umumnya, sakit perut bagian kanan pada ibu hamil terjadi akibat ukuran rahim yang membesar sehingga memberikan tekanan, penumpukan gas, pasca hubungan seksual, konstipasi, dan lain-lain.

Sakit Perut Sebelah Kanan Saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
source: https://media.self.com/photos/57d88634d3276fe23294627e/4:3/w_728,c_limit/stomach-pains-ignore-pregnant_feature.png
baca juga

Sakit Perut Sebelah Kanan Atas Saat Hamil

Sakit yang dirasakan oleh ibu hamil pada bagian perut sebelah kanan atas merupakan suatu reaksi yang terjadi akibat membesarnya rahim sehingga menimbulkan rasa sakit yang bisa terasa sampai dada. Sakit pada bagian kanan atas tersebut bisa juga terjadi akibat penekanan lambung yang membuat produksi asam lambung meningkat. Otot yang keram  karena kurang bergerak juga bisa menjadi salah satu penyebab dari timbulnya rasa sakit tersebut.

Sakit Perut Sebelah Kanan Saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
source: https://images.parenting.mdpcdn.com/sites/parenting.com/files/styles/facebook_og_image/public/600_ss1_second_trimester_symptoms.jpg?itok=QEDK3FUb

Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah Saat Hamil

Sakit perut pada bagian kanan bawah saat hamil bisa saja terjadi karena beberapa hal yang sudah disebutkan sebelumnya, umumnya karena terus membesarnya ukuran rahim dan jaringan-jaringan ligamen yang mengalami peregangan. Namun ada beberapa penyebab lainnya yang perlu diwaspadai yaitu infeksi kandung kemih, infeksi vagina, komplikasi kehamilan, dan lain-lain. Segera periksakan diri ke dokter apabila rasa sakit berlangsung lama dan sangat mengganggu.

Sakit Perut Sebelah Kanan Saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTBWw1O2c_KqZxDgAunBgOVNHkYaFwf5AKhtSsBUQOQblyvuVPB
baca juga

Cara Mengatasi Sakit Perut Sebelah Kanan Saat Hamil

Beberapa cara untuk mengatasi sakit perut sebelah kanan saat hamil yaitu mengompres perut dan sekitar dada dengan air hangat, membatasi jumlah makanan yang dikonsumsi agar tidak terlalu penuh, tinggikan bantal saat sedang tidur, rajin berolahraga, menjaga makanan yang dikonsumsi, kenakan pakaian yang longgar dan nyaman. Selain itu hindari penggunaan obat-obatam bebas penghilang rasa nyeri. Jika sakit terus berlanjut, sebaiknya hubungi dokter kandugngan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Sakit Perut Sebelah Kanan Saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
source: https://www.healthline.com/hlcmsresource/images/imce/abdominal-pain-and-breast-tenderness_thumb.jpg

Demikian beberapa informasi mengenai sakit perut sebelah kanan pada saat hamil. Semoga bermanfaat ya Moms!