Penyakit yang satu ini mungkin pernah Moms dengar sebelumnya. Atau, bisa pula Moms masih awam mengenainya. Jika dalam ilmu medis, penyakit ini dikenal dengan istilah jantung koroner. Penyakit yang juga dikenal dengan nama Angina ini bisa menyerang siapa saja secara tiba-tiba, Moms. Hm... 
 

Mengenal Istilah Angin Duduk, Penyebab, Gejala, dan Pertolongan Pertamanya

Angin Duduk Itu Sebenarnya Penyakit Seperti Apa?

Angin duduk sebenarnya merupakan suatu penyakit yang menyebabkan kondisi nyeri dada akibat otot-otot jantung kurang mendapatkan pasokan oksigen dari aliran darah. Terganggunya aliran darah dalam tubuh ini terjadi karena adanya penyempitan, penyumbatan, ataupun pengerasan pada pembuluh darah. Nyeri dada yang dialami oleh penderitanya bisa menjalar hingga dirasakan di bagian lengan kiri, leher, rahang, punggung, hingga perut.
 
Karena munculnya secara tiba-tiba, tak heran bila sebelumnya banyak penderitanya yang tidak mengetahui bahwa memiliki masalah gangguan pada jantung ataupun pembuluh darahnya.

Mengenal Istilah Angin Duduk, Penyebab, Gejala, dan Pertolongan Pertamanya

Angin Duduk Menurut Islam

Istilah angin duduk dikenal dengan nama Rihul Ahmar dalam Islam. Pernah ada suatu hikayat ketika dimana Nabi Sulaiman A.S duduk di singgasananya, Beliau didatangi oleh angin yang cukup besar. Maka, Nabi Sulaiman A.S bertanya, “Siapakah engkau?”
 
Dijawab oleh angin tersebut bahwa ialah angin Rihul Ahmar yang dapat memasuki rongga manusia sehingga bisa menjadikannya lumpuh, keluar darah dari hidung, dan bila angin tersebut memasuki otak akan membuat penderitanya gila.
 
Mengetahui jawaban tersebut, maka Nabi Sulaiman A.S. memerintahkan untuk membakar angin itu, tapi angin tersebut berkata bahwa "Aku Kekal sampai hari Kiamat tiba. Tak ada siapapun yang dapat membinasakanku, melainkan Allah SWT." Kemudian, anginnya menghilang.
 
Diriwayatkan pula bahwa cucu Nabi Muhammad SAW terkena Rihul Ahmar sehingga keluar darah dari rongga hidungnya. Saat Malaikat Jibril datang kepada Nabi Muhammad, lalu Malaikat Jibril mengajari Beliau akan do'a Rihul Ahmar yang kemudian dibacakan do'a tersebut kepada cucunya. Secara sekejab mata, cucu Beliau pun sembuh.
 
Lalu, Nabi Muhammad bersabda bahwa, “Barang siapa membaca do'a Rihul Ahmar, walaupun sekali dalam seumur hidupnya, maka akan dijauhkan dari penyakit angin Rihul Ahmar atau stroke.” Doanya adalah sebagai berikut:

Allahumma inni a'uzubika minarrihil ahmar, waddamil aswad, waddail akbar.

Artinya: “Ya Allah Tuhanku, lindungi aku dari angin merah, dan lindungi aku dari darah hitam (stroke), dan dari penyakit berat.”
 
Angin Rihul Ahmar ini biasa masuk pada saat seseorang tidur ba’da atau setelah waktu Ashar hingga waktu Isya'. Maka, sebaiknya untuk menghindarinya kita disarankan tidak tidur di waktu-waktu tersebut meskipun sekantuk apapun.

baca juga
Mengenal Istilah Angin Duduk, Penyebab, Gejala, dan Pertolongan Pertamanya

Gejala Angin Duduk yang Timbul Di Perut 

Gejala yang biasanya terjadi saat serangan angin duduk ini timbul, diantaranya yaitu terasa sesak nafas dan nyeri di dada, bisa di bagian tengah sakitnya, sedikit ke kiri, nyerinya tumpul, dan nyerinya tidak bisa ditunjuk yang mencapai bagian perut. Tubuh pun akan merasa lelah. Kepala pusing. Perut juga akan terasa mual serta mengeluarkan keringat berlebihan. Keadaan yang parah bisa menyebabkan penderitanya pingsan.

Penyebab Angin Duduk Di Perut

Serangan angin duduk ini terjadi ketika pembuluh koroner darah mengalami penyempitan. Sebenarnya Moms, jenis angin duduk yang menyerang tergolong dalam 3 kondisi, yaitu angin duduk stabil, angin duduk tidak stabil, dan angin duduk varian atau istilahnya angin duduk prinzmetal. 

Angin duduk stabil terjadi akibat aktivitas fisik yang memicu terjadinya kondisi yang menyebabkan timbulnya gejala penyakitnya. Contohnya karena olahraga tetapi asupan oksigen dalam darahnya tidak tercukupi karena mengalami penyumbatan. Serangan angin duduk stabil juga dapat dipicu oleh faktor-faktor lainnya, seperti merokok, stres, makan secara berlebihan, dan juga terkena udara dingin.

Kondisi angin duduk tidak stabil dapat dipicu oleh timbunan lemak atau pembekuan darah yang mengurangi atau menghalangi aliran darah menuju jantung. Nyeri akibat kondisi angin duduk tidak stabil ini biasanya akan tetap ada walau penderitanya sudah berisitirahat dan mengonsumsi obat.  Dan, bila dibiarkan saja bisa penyakitnya berkembang menjadi serangan jantung.

Sedangkan, angin duduk varian terjadi karena arteri jantung menyempit sementara akibat spasme yang menyebabkan pasokan darah ke jantung menurun dan timbullah rasa sakit di perut dan dada. Kondisi ini bisa terjadi kapan saja, bahkan ketika sedang beristirahat atau tidur. Gejalanya seringkali parah. 

Moms, orang yang memiliki kolesterol tinggi, penyakit diabetes, darah tinggi, obesitas, memiliki mempunyai riwayat mengidap penyakit jantung, kurang aktivitas fisik, biasanya beresiko yang tinggi akan kondisi penyakit ini. Peningkatan resiko terserang penyakit ini juga bisa terjadi bagi yang sudah berumur 45 tahun keatas. 

Mengenal Istilah Angin Duduk, Penyebab, Gejala, dan Pertolongan Pertamanya

Pertolongan Pertama Angin Duduk Pada Penderitanya

Ketika menemui orang dengan gejala-gejala terkena angin duduk, sangat dianjurkan untuk tetap tenang dan segera menghubungi dokter. Pertolongan pertama yang bisa Moms lakukan adalah dengan membantu penderita mendapatkan posisi duduk yang nyaman dengan menyenderkan punggungnya pada bantal, melipat kakinya, dan mengganjal sela-sela betis dan paha dengan bantal. Lalu, kerah baju dibuka di bagian atas supaya tidak terlalu sesak.
 
Selanjutnya, bisa diberi dengan obat aspirin sebagai pertolongan pertama, dan pasiennya sebaiknya jangan dikerok maupun diberi balsam. Jika pasiennya pingsan, sebaiknya ditidurkan di alas yang keras. Lalu, lakukan kompresi dada atau penekanan pada dada 100 kali per menit. Jika tidak mendapat respon, bisa dilakukan napas buatan.
 
Sedangkan, jika pasien sudah sadar, dimiringkan badannya untuk mencegah muntah dan tersedak. Sebaiknya pula jangan dikasih minum dan makan. Pasien diistirahatkan sampai adanya pertolongan untuk di bawa ke rumah sakit terdekat yang mempunyai fasilitas alat rekam jantung.

Itulah Moms penjelasan mengenai apa itu penyakit angin duduk. Akan sangat baik untuk terhindar dari serangan penyakit ini bila Moms dan sekeluarga melakukan medical checkup secara rutin dan menjalankan hidup yang sehat. Demikian yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat.