Kebun Binatang Ragunan
​​​​​​

Pergi ke kebun binatang merupakan pilihan bijak orangtua dalam rangka berlibur sekaligus mengenalkan jenis-jenis bintang kepada anak-anak secara langsung. Kebun binatang atau Taman Margasatwa Ragunan yang terletak didaerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan termasuk tempat wisata Jakarta yang sudah pasti harus Moms dan keluarga kunjungi. Kebun binatang dengan luas 140 hektar ini didirikan sejak tahun 1864. Di dalamnya terdapat ratusan spesies binatang dan ribuan specimen sebagai koleksi.

Kebun binatang ragunan buka setiap hari kecuali hari senin mulai pukul 8 pagi sampai dengan jam 4 sore saja. Harga tiket masuknya pun terbilang sangat terjangkau untuk seluruh anggota keluarga. Jangan lupa kalau anak di atas 3 tahun sudah dikenakan biaya tiket ya, Moms. Untuk memasuki tempat lain di dalam Ragunan atau menaiki wahana seperti kereta keliling Moms perlu membayar biaya tambahan diluar tiker masuk. Namun semua tarif di kebun binatang Ragunan masih termasuk murah kok, Moms.

Liburan Gak Harus Mahal, Cek 10 Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang Bisa Moms Kunjungi

Taman Anggrek Ragunan
​​​​​​

Tak jauh dari kebun binatang Ragunan tepatnya dekat dengan pintu masuk utara kebun binatang Ragunan, ternyata ada tempat wisata Jakarta Selatan lainnya yang cocok untuk Menyegarkan mata, Moms yaitu Taman Aggrek Ragunan di Jalan Kebagusan Raya. Tanpa dipungut biaya alias gratis, Moms dapat disuguhkan dengan pemandangan hamparan anggrek bermacam warna dengan berbagai jenis yang sangat indah dilihat oleh mata. Buka setiap hari mulai pukul 8 pagi sampai pukul 6 sore, Moms.

Taman Anggrek Ragunan ini sudah ada sejak tahun 1970-an, Moms. Tanaman anggrek yang dipajang di dalam taman selain dapat dilihat juga bisa dibeli loh, Moms. Tempat seperti ini pasti menjadi incaran para penggemar atau kolektor bunga anggrek nih, Moms. Selain bisa dibeli oleh pengunjung, tanaman anggek yang menghiasi Taman Anggrek Ragunan juga kerap disewakan untuk keperluan pameran maupun acara kantor.

Liburan Gak Harus Mahal, Cek 10 Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang Bisa Moms Kunjungi
baca juga

Setu Babakan

Setu atau danau Babakan yang terletak di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan ini memang terkenal sebagai tempat wisata Jakarta yang melestarikan budaya Betawi, Moms. Setu Babakan buka setiap hari mulai pukul 7 pagi hingga 11 malam. Di dalam area Setu terdapat fasilitas seperti wisata air yakni Moms bisa menyewa perahu bebek yang dapat diaiki 2 orang atau perahu naga dengan kapasitas 20 orang untuk rombongan.

Selain itu Moms sekaligus bisa melakukan wisata kuliner makanan dan jajanan khas Betawi yang dengan mudahnya ditemui di setu Babakan seperti kerak telor, soto Betawi, tauge goreng, laksa, bir pletok, gado-gado, asinan Betawi, es cendol, dodol betwai, kue rangi, es selendang mayang dan masih banyak lagi, Moms.

Jika tertarik dengan pertunjukan kesenian Betawi, di Setu Babakan diselenggrakan latihan pagelaran setiap hari sabtu dan minggu dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore di arena terbuka atau sanggar tari. Pagelaran yang dipertunjukan antara lain gambang kromong, qasidah, gambus, keroncong Betawi, tanjidor, silai Betawi, lenong, tari renggong, ondel-ondel, wayang kulit Betawi hingga topeng betawi, Pagelaran seni ini gratis bagi pengunjung yang ingin menonton. Setu Babakan juga bisa jadi wisata pemacingan bagi yang gemar memancing ikan, Moms.

Liburan Gak Harus Mahal, Cek 10 Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang Bisa Moms Kunjungi

Museum Layang-Layang
​​​​​​

Anak-anak pasti antusias deh Moms jika diajak berwisata ke museum layang-layang yang terletak di Jl. H. Kamang No. 38, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Seperti Namanya, salah satu rekomendasi tempat wisata Jakarta ini memang sebuah museum khusus untuk memajang lebih dari 600 buah layang-layang baik mancanegara maupun tradisional dari seluruh pelosok Nusantara. Tempatnya pun sangat unik karena mata kita dapat dimanjakan dengan berbagai bentuk dan ukuran layang-layang yang menarik. Museum yang didirikan tahun 2003 ini buka setiap hari mulai jam 9 pagi sampai jam 4 sore, Moms.

Dengan mengunjungi museum layang-layang ini kita bisa tahu bahwa layang-layang bukan menjadi sekadar permainan melainkan mewakili ekpresi budaya tertentu serta memiliki nilai dan sejarah di dalamnya. Tiket masuknya pun terjangkau, namun ada biaya khusus untuk setiap kegiatan tambahan seperti melukis payung atau kaos, membantik smapai dengan membuat keramik. Cara seru untuk bersenang-senang sambil menanamkan nilai edukatif pada anak bisa membuatnya lebih kreatif, Moms.

Liburan Gak Harus Mahal, Cek 10 Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang Bisa Moms Kunjungi
baca juga

Museum Satria Mandala
​​​​​​

Pergi ke tempat baru untuk berwisata, selain dapat menghilangkan penat juga bisa menjadi sarana edukasi bagi kita maupun anak-anak, Moms. Tempat wisata Jakarta yang mewakili hal tersebut seperti halnya museum. Pergi jalan-jalan ke museum membuat kita bisa mendapatkan berbagai informasi yang mungkin belum kita ketahu sebelumnya seperti museum yang bertempat di Jl. Gatot Subroto, Jakarta Selatan yakni museum Satria Mandala.

Museum ini merupakan museum sejarah perjuangan tentara Nasional Indonesia dalam rangka merebut dan mempertahankan NKRI. Oleh karenanya di dalam museum Satria Mandala terdapat banyak diorama, dokumen, peta operasi, senjata, pesawat dan relik-relik yang berkaitan dengan peninggalan masa pra kemerdekaan silam, Moms. Buka setiap hari kecuali hari senin mulai pukul 9 pagi sampai setengah 3 sore. Harga tiket yang dikenakan untuk masuk ke museum ini juga murah kok, Moms.

Liburan Gak Harus Mahal, Cek 10 Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang Bisa Moms Kunjungi

Pondok Indah Water Park

Jika sedang ingin menyegarkan diri dengan berenang dan bermain air, Moms harus pergi ke tempat wisata air seperti waterpark. Salah satunya yaitu Pondok Indah Waterpark yang berapa di Pondok Indah Mall 2, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan ini, Moms. Masih berada dalam satu kompleks dengan Pondok Indah Mall 1, waterpark ini memiliki kolam renang ukuran olimpiade dan arena bermain anak yang interaktif dan mengasyikan, Moms.

Pondok Indah Waterpark perlu masuk ke dalam daftar tempat wisata Jakarta untuk mengisi waktu libur karena dari 7 wahan yang dimilikinya, 6 diantaranya didatangkan langsung dari White Water, Kanada. Pantas saja desain waterpark ini sangat menakjubkan ya, Moms wahana-wahana di dalamnya pun pasti seru untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Harga tiket masuk Pondok Indah Waterpark ini Rp100.000 untuk hari senin - jumat dan Rp150.000 pada hari sabtu & minggu, Moms. Buka mulai pukul 6 pagi sampai dengan 9 malam. Waterpark ini cocok untuk anak-anak maupun orang dewasa, Moms.

Liburan Gak Harus Mahal, Cek 10 Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang Bisa Moms Kunjungi

Taman Ayodya
​​​​​​

Berkunjung ke sebuah taman untuk menghirup udara segar di tengah-tengah hiruk pikuk kota tentu bisa jadi jalan pintas dalam menghilangkan stress sejenak, apalagi jika ditemani oleh pasangan, teman ataupun keluarga sambil bersantai. Taman Ayodya yang dulunya bernama taman Barito ini bisa jadi pilihan Moms. Terletak di Jl. Lamandau, Kebayoran baru, Jakarta selatan, taman ini merrupakan tempat wisata Jakarta yang dapat jadi referensi, Moms. Taman yang berdiri di lahan seluas 7.500 meter ini ditengahnya terdapat dananu seluas 1.500 meter persegi. Taman ini juga terbilang ramah untuk difabel karena terdapat toilet dan jalur khusus untuk difabel. Keren ya, Moms melihat kota Jakarta semakin menyesuaikan dan membenahi diri agar tak kalah dengan negara lain.

Liburan Gak Harus Mahal, Cek 10 Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang Bisa Moms Kunjungi

Taman Langsat
​​​​​​

Taman langsat yang berada di kebayoran baru, Jakarta selatan ini dikenal juga dengan naman taman langsat mayestik. Taman yang letaknya di belakang Pasar Burung Barito ini berdiri di luas lahan 3,6 hektar. Di taman langsat terdapat berbagai jenis tanaman sebagai pengenalan jenis tanaman, jadi tidak heran jika taman ini lebih mirip kebun raya sih, Moms karena sangat luas dan asri dengan banyak pepohonan. Selain itu, fasilitas taman ini juga beragam seperti tersedianya area jogging, arena permainan anak, danau dan kolam teratai, lapangan tenis dan tak lupa ada juga fasilitas-fasilitas yang dikhususkan untuk lansia. Kicauan burung dan udara yang sejuk karena banyaknya pohon dan taman, membuat taman ini sangat nyaman untuk dikunjungi siapapun untuk menenangkan diri dari kepenatan, Moms.

Liburan Gak Harus Mahal, Cek 10 Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang Bisa Moms Kunjungi

Taman Tabebuya
​​​​​​

Taman ini termasuk taman terbaik sebagai tempat wisata Jakarta yang cocok untuk menghabiskan waktu dengan bersantai. Taman tabebuya, taman cantik dengan kolam bunga teratai di dalamnya ini berada di Jagakarsa, Jakarta Selatan tepatnya di Jl. Moh. Kahfi, Moms. Taman ini dilengkapi dengan fasilitas taman bermain anak dan gazebo atau saung untuk melepas lelah. Yang membuat taman tabebuya ini meranik ini, sama halnya dengan namanya yang unik, di dalam taman ini terdapat pohon asal Brazil yang bernama tabebuya.

Keunikan pohon tabebuya yang menghiasi taman tabebuya ialah warna bunganya berwarna merah muda nampak persis layaknya bunga sakura. Berarti tempat ini instagramable juga ya, Moms agar tak usah jauh-jauh ke Jepang untuk melihat kecantikan bunga yang identik berwarna merah muda yang indah itu. Namun, bunga tabebuya mekar pada waktu-waktu tertentu saja, biasanya sampai pertengahan sampai akhir musim penghujan. Jika penasaran ingin melihat kecantikan bunga dan taman tabebuya, langsung saja kunjungi, Moms!

Liburan Gak Harus Mahal, Cek 10 Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang Bisa Moms Kunjungi

Taman Mataram
​​​​​​

Taman terbuka hijau yang bersih dan nyaman membuatnya selalu mempunyai daya tarik tersendiri untuk menjadi tempat wisata Jakarta seperti taman mataram yang terletak di kebayoran baru, Jakarta Selatan. Taman yang berada pada Kawasan perumahan ini awalnya digunakan sebagai stasiun pengisian bahan bakar atau pom bensin, Moms. Taman ini cocok dikunjungi untuk sekadar menikmati sinar matahari pagi hari dan udara segara, duduk santai, jogging ataupun bermain bersama anak karena taman mataram juga difasilitasi dengan playground atau taman bermain dan tempat gym sederhana untuk berolahraga.

Liburan Gak Harus Mahal, Cek 10 Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang Bisa Moms Kunjungi