Persiapan melahirkan yang harus dibawa ke Rumah Sakit
Memasuki trimester ketiga pasti Moms dan Dads sudah tak sabar lagi menantikan kelahiran sang buah hati. 

Tidak hanya persoalan baby gear yang dibutuhkan bayi seperti breastpump atau baby box, namun perlengkapan melahirkan bayi yang perlu Moms bawa saat ke rumah sakit. Paling tidak, dengan persiapan lebih matang, akan membuat hati Moms lebih tenang menjalani persalinan bukan?

Buat Persiapan Melahirkan, Catat Moms Apa Saja yang Harus Dibawa ke Rumah Sakit
source: https://www.plimbi.com/article/173382/daftar-perlengkapan-bayi-baru-lahir

Untuk perlengkapan yang akan dibawa ke Rumah Sakit, ada baiknya tas perlengkapan Moms dan si kecil dibedakan ya, hal ini agar semua perlengkapan tidak tercampur dan akan memakan waktu lebih lama untuk mencarinya.

Persiapan untuk ibu
Biasanya proses persalinan normal akan membutuhkan waktu 3 hari, sedangkan untuk persalinan caesar dibutuhkan waktu kurang lebihnya 1 minggu berada di Rumah Sakit. Untuk itu pastikan Moms menpersiapkan perlengkapan persalinan minimal untuk tiga hari. Lalu apa saja yang wajib disiapkan?

Pakaian dalam dan baju ganti setelah melahirkan

Buat Persiapan Melahirkan, Catat Moms Apa Saja yang Harus Dibawa ke Rumah Sakit
source: https://www.haibunda.com/kehamilan/20180419171137-49-17701/daftar-isi-tas-untuk-dibawa-ke-rs-jelang-melahirkan

Karena setelah melahirkan Moms memasuki masa menyusui, maka disarankan untuk membawa daster kancing depan agar mudah dalam proses menyusui. Jika Moms tidak menyukai daster, Moms bisa menggunakan celana yg longgar dan kemeja. Bawalah paling sedikit 6 buah baju. Untuk pakaian dalam juga disarankan membawa bra khusus untuk menyusui ya, Moms.

baca juga

Stagen/gurita
Stagen dan gurita ibu (bengkung) adalah warisan budaya Indonesia yang sering digunakan ibu pasca melahirkan untuk mengencangkan otot-otot perut dan untuk mempercepat pemulihan rahim ke bentuk semula. Moms bisa membawa setidaknya dua stagen atau tiga gurita selama di Rumah Sakit.

Buat Persiapan Melahirkan, Catat Moms Apa Saja yang Harus Dibawa ke Rumah Sakit
source: https://www.solusisehatku.com/manfaat-menggunakan-gurita-ibu-melahirkan

Persiapan untuk bayi baru lahir
Tak hanya ibu, bayi yang baru lahir pun memiliki perlengkapan sendiri yang harus dibawa ke Rumah Sakit. Untuk semua perlengkapan bayi yang berbahan dasar kain pastikan sudah dicuci hingga bersih terlebih dahulu di rumah ya Moms. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada kuman yang menempel di perlengkapan bayi tersebut mengingat bayi yang baru lahir rentan sekali terhadap kuman ataupun virus dari luar.

Set pakaian bayi baru lahir
Sama dengan Moms, sang bayi pun memerlukan baju yang akan dikenakan selama 3 hari. Setidaknya, baju ini bisa digunakan saat pulang dari Rumah Sakit. Baju tersebut perlu dipersiapkan lengkap dengan topi serta sarung tangan dan kakinya Moms, agar bayi Moms tidak kedinginan.

Buat Persiapan Melahirkan, Catat Moms Apa Saja yang Harus Dibawa ke Rumah Sakit
source: https://duniabidan.com/bayi-anak/persiapan-barang-bawaan-keperluan-saat-persalinan.html

Popok bayi
Popok bayi merupakan salah satu perlengkapan melahirkan bayi saat persalinan yang tidak boleh ketinggalan, ya, Moms. Bisa itu popok kain atau popok sekali pakai (diapers) untuk bayi baru lahir. Untuk popok sendiri Moms bisa membawa dengan jumlah banyak, mengingat bayi sering buang air kecil dan buang air besar.

baca juga

Selimut bayi
Selimut bayi juga merupakan salah satu item penting yang tak bileh luput ada dalam tas bayi ya Moms. Selimut bayi akan digunakan selama di Rumah Sakit untuk menghangatkan tubuh bayi Moms dan juga digunakan ketika pulang untuk menyelimuti sang bayi.

Buat Persiapan Melahirkan, Catat Moms Apa Saja yang Harus Dibawa ke Rumah Sakit

Tissue basah dan minyak telon
Tissue basah digunakan untuk mengganti popok bayi yang sudah basah agar praktis. Sedangkan minyak telon bisa digunakan kapanpun di tubuh bayi Moms.

Semoga informasi ini bermanfaat ya Moms dan semoga persalinannya juga lancar!