'Jangan pakai MSG moms nanti buat anak bodoh'. Pandangan ini sering diungkapkan masyarakat ketika MSG alias vetsin bercampur dengan masakan yang akan kita konsumsi. Pasalnya MSG dipercaya bisa merusak otak dan menurunkan kecerdasan. Tapi apakah faktanya benar begitu?

MSG atau Monosodium Glutamat adalah molekul garam yang dikombinasi dengan asam amino L-Glutamat. Molekul garam ini digunakan agar menstabilkan komponen glutamat. Kandungan glutamat dalam asam amino berperan sebagai pemberi rasa gurih (umami). Semua ini berasal dari hasil fermentasi dari molases (salah satunya gula tebu) yang dicampurkan dengan bakteri baik sehingga menjadi kristal putih.

Mitos MSG bikin bodoh hingga kini belum terbukti. Kontroversi tersebut mulai menyebar di tahun 1960-an, saat badan keamanan pangan Amerika Serikat (FDA) menerima banyak laporan terkain efek samping yang dialami konsumen masakan Cina, sehingga istilah Chinese Restaurant Syndrome merebak. 

Hingga berbagai studi-studi yang lebih modern terntang bahaya MSG pun menemukan jika reaksi Chinese Restoran Syndrome kemungkinan besar tidak diakibatkan oleh MSG itu sendiri. Reaksi yang timbul kemungkinan besar disebabkan oleh alergi terhadap bahan makanan yang justru digunakan oleh restoran Cina tersebut, seperti udang, bumbu, kacang dan rempah-rempah lainnya.

Percaya MSG Bisa Bikin Bodoh? Yuk Cari Tahu Faktanya Moms!

So, fakta MSG adalah bahan penyedap rasa yang aman dan membuat masakan semakin lezat. FDA telah menyatakan jika MSG sebagai bahan makana yang "aman digunakan secara umum" dengan label resmi GRAS. Keputusan FDA ini bahkan disepakati juga oleh World Health Organization (WHO), Food and Agriculture Organization (FAO), juga Kementerian Kesehatan RI.

Asam amino glutamat bisa moms temukan hampir di semua bahan dasar makanan, terutama makanan berpotein tinggi. Beberapa bahan dasar tersebut seperti produk susu, danging merah dan ikan, dan berbagai sayuran. Bahan makanan yang mengandung penyedap rasa alami pun sering dijadikan pengganti dari MSG, contohnya saja jamur dan tomat. Pasalnya kedua bahan tersebut mengandung asam amino glutamat alami berkadar tinggi.

Fakta lain dari MGS lainnya ialah ternyata manusia juga memproduksi asam amino glutamat dan memainkan peran penting dalam fungsi tubuh normal. Bahkan ASI mengandung glutamat 10 kali lebih banyak dari susu sapi.

Peneliti menemukan jika seseorang yang mengkonsumsi MSG dalam jumlah tinggi (4.2 gram per hari) lebih rentan terhadap obesitas dari pada orang-orang yang mengkonsumsinya dalam batas aman konsumsi MSG per hari ialah 0,4 gram per hari. Jadi jangan berlebihan ya moms!