Aneka Kreasi Bubur Kacang Hijau Khas Indonesia, Mana yang Moms Suka?

Asal Kacang Hijau

​Pulau Jawa adalah penyebaran pertama kacang hijau bahkan dalam sejarah tercatat abad 19, lho. Sehingga bubur campuran dari kacang hijau, gula merah, dan santan ini baru bisa dinikmati setelah kedatangan bangsa China dan Belanda. Kenapa? Karena dari situlah awal kacang hijau di kenalkan ke Indonesia.

Moms, budidaya kacang hijau baru menyebar luas setelah orang-orang Tionghoa membawa dan menanamnya di Pulau Jawa. Sir Thomas Raffles, Gubernur Jenderal Hindia di bawah Inggris pada zaman itu bahkan menyebutkan dalam History of Java bahwa orang-orang China menanam kacang hijau yang dibawa dari Jepang ke Jawa lho, Moms.

Aneka Kreasi Bubur Kacang Hijau Khas Indonesia, Mana yang Moms Suka?

 Kreasi Bubur Kacang Hijau

Kalau dulu bubur ini disajikan dengan kombinasi kacang hijau dan santan. Namun sekarang kreasi bubur kacang hijau lebih beragam. Kreasi menu yang paling nikmat disajikan di rumah adalah bubur kacang hijau ketan hitam. Menu ini juga nikmat untuk sarapan lho Moms, jadi lebih bervariasi untuk menu pagi.

Bubur kacang hijau ketan hitam bisa diolah sama dengan bubur kacang lainnya hanya perlu menambahkan ketan hitam pada rebusan kacang hijau dan "bim sala bim" sarapan nikmat siap disajikan, Moms.

Kreasi lain dari bubur kacang yaitu bubur kacang hijau madura. Ciri khas bubur madura terletak pada penggunaan santan yang lebih banyak bahkan dapat diberi tambahan es ataupun sirup jadi rasanya lebih bervariasi dan semakin nikmat jika disajikan di siang hari untuk camilan keluarga.

Bubur kacang hijau madura memang tidak sama dengan bubur kacang pada umumnya ya, Moms. Soalnya, kacang hijau tidak dimasak sampai pecah. Selain itu santan dimasukkan dalam kuah, bukan sebagai saus.

baca juga

Moms pecinta durian? Kalau iya, Moms bisa pilih kreasi bubur kacang hijau durian. Menikmati sajian bubur kacang hijau akan semakin mantab jika kita mau berkreasi sedikit seperti menambahkan daging durian ke dalamnya. Rasa bubur kacang hijau yang dicampurkan buah durian membuat siapa saja yang mencicipinya pasti akan tertarik.

Rasa manis durian yang dicampur dengan rasa gurih bubur kacang hijau menciptakan sensasi rasa yang berbeda. Tekstur buah durian yang lembut di lidah bikin nambah nikmat. Untuk Moms yang takut kolesterol, bubur kacang hijau tanpa santan bisa jadi pilihan. Walau tanpa santan tapi tetap enak kok serta lebih sehat. Bagi Moms yang dilarang banyak makanan bersantan, tambahan lain  adalah susu kental manis cokelat atau vanila.

Nikmat bubur kacang memang tidak terkalahkan apalagi dengan kandungan gizi yang tinggi tentu bikin pilihan tambah suka. Yuk Moms kreasiin bubur kacang hijau untuk keluarga.