Tips Menyusui Saat Mudik

Mudik merupakan perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan, apalagi jika mudik dilakukan melalui jalur darat atau pun laut. Jika menggunakan jalur udara mungkin akan memakan waktu yang tidak terlalu lama. Jika Moms membawa si kecil saat mudik dan masih menyusui, simak tips-tips betrikut ini yuk!

Siapkan Perlengkapan Menyusui

Perlengkapan menyusui berbeda-beda pada setiap Moms. Jika Moms menyusui secara langsung dari payudara, biasanya perlengkapan yang perlu disiapkan yaitu berupa apron menyusui. Apron menyusui digunakan untuk menutupi bagian atas tubuh saat sedang menyusui. Namun, tidak semua Moms dan si kecil nyaman menggunakan apron ini. Jika Moms menyusui menggunakan botol melalui proses perah atau pumping, jangan lupa siapkan semua perlengkapannya seperti botol susu, cooler bag, alat pompa, dan lain-lain. Sediakan bantal menyusui jika diperlukan.

Tips Menyusui Saat Mudik
source: http://blog.weespring.com/wp-content/uploads/2014/04/breastfeedingblog.jpg
baca juga

Pakai Baju yang Tepat

Saat sedang mudik, sebaiknya Moms menggunakan pakaian yang senyaman mungkin. Karena biasanya, mudik akan memakan waktu yang cukup lama bila ditempuh melalui jalur darat maupun laut. Pilihlah baju yang nyaman digunakan untuk menyusui, seperti baju yang memiliki kancing atau resleting pada bagian depan agar lebih mudah dapat menyusui si kecil. Moms juga dapat menggunakan baju yang dirancang khusus untuk ibu menyusui.

Tips Menyusui Saat Mudik
source: https://www.gachd.org/wp-content/uploads/2018/07/Breastfeeding.jpg

Cari Ruang Khusus Menyusui

Jika Moms melakukan mudik dengan menggunakan kendaraan umum seperti bis, kereta, pesawat, ataupun kapal laut, sebisa mungkin Moms harus menemukan ruangan khusus untuk menyusui. Jika Moms tidak terbiasa menyusui di keramaian, maka akan sulit untuk Moms dan si kecil saat sedang musik, terutama Moms yang menyusui dengan cara direct breast feeding atau menyusui secara langsung melalui payudara.

Tips Menyusui Saat Mudik
source: https://cebudailynews.inquirer.net/files/2016/05/GMCAC-1024x684.jpg
baca juga

Siapkan ASI Perah dalam Cooler Bag

Banyak Moms yang lebih nyaman menyusui menggunakan botol susu dibandingkan dengan menyusui secara langsung. Jika Moms termasuk yang lebih senang menggunakan ASIP saat menyusui si kecil, jangan lupa untuk membawa ASI perah dalam cooler bag agar kualitas ASIP tetap terjamin walaupun dalam jangka waktu yang cukup lama. Suhu dingin akan membuat ASI yang sudah diperah tidak mudah basi.

Tips Menyusui Saat Mudik
source: https://i5.walmartimages.com/asr/55a25a20-c730-418f-b6da-eec7ca7fb1e3_1.176e691099b1d60a2135b602e795b59f.jpeg?odnHeight=450&odnWidth=450&odnBg=FFFFFF

Jaga Asupan Nutrisi

Satu hal yang penting untuk ibu menyusui yaitu nutrisi yang cukup untuk Moms dan si kecil. Usahakan tetap menjaga asupan nutrisi saat perjalanan mudik. Sediakan buah dan sayur selama perjalanan. Jika membawa buah dan sayur dirasa merepotkan, Moms bisa membawa vitamin yang diproduksi khusus ibu hamil agar lebih ringkas dan mudah. Nutrisi yang baik yang dikonsumsi ibu akan sangat mempangaruhi kualitas ASI untuk si kecil. 

Tips Menyusui Saat Mudik
source: https://media1.s-nbcnews.com/j/streams/2014/May/140501/2D274905755725-breastfeeding-diet-636.fit-760w.jpg

Demikian beberapa tips menyusui saat mudik. Semoga bermanfaat ya Moms!